Lab 3.5.2  IP Address dan Komunikasi Jaringan

Tujuan 
• Membangun jaringan peer-to-peer sederhana dan memverifikasi konektivitas fisik. 
• berbagai Tetapkan alamat IP untuk host dan mengamati efek pada jaringan komunikasi 

Latar Belakang / Persiapan 
Pada lab ini, Anda akan membangun jaringan peer-to-peer sederhana menggunakan dua PC dan sebuah kabel crossover Ethernet. Anda akan menetapkan berbagai kompatibel dan non-kompatibel alamat IP ke host dan menentukan efek pada kemampuan mereka untuk berkomunikasi.  Sumber berikut diperlukan: 
CATATAN: Anda dapat menggunakan kecil jaringan peer-to-peer yang dibangun di Lab 3.1.5 
• Dua Windows XP Professional PC, masing-masing dengan Network Interface terinstal dan berfungsi Card (NIC) 
• Ethernet Sebuah kabel cross-over untuk menghubungkan PC (disediakan oleh instruktur) 
• (Opsional setup lab) Sebuah hub atau switch dan dua lurus melalui kabel untuk menghubungkan PC (disediakan oleh instruktur) 

Langkah 1: Hubungkan PC untuk membuat jaringan peer-to-peer 
a. Mendapatkan kabel crossover Ethernet diberikan oleh instruktur untuk menghubungkan dua PC. 
CATATAN: (setup lab opsional) PC dapat dihubungkan ke hub (atau switch) menggunakan dua lurus-melalui kabel. 
Petunjuk berikut menganggap Anda menggunakan kabel crossover. 
b. Pasang salah satu ujung kabel ke Ethernet NIC dari PC1. Pasang ujung kabel ke Ethernet NIC dari PC2. Saat Anda memasukkan kabel, Anda harus mendengar bunyi klik yang menunjukkan bahwa konektor kabel dimasukkan dengan benar ke pelabuhan.
 
Langkah 2: Pastikan konektivitas fisik 
a. Setelah kabel crossover Ethernet terhubung ke kedua PC, melihat dari dekat setiap port Ethernet. Lampu link (biasanya hijau atau kuning) menunjukkan bahwa konektivitas fisik telah ditetapkan antara dua NIC. Coba mencabut kabel dari satu PC kemudian menghubungkan kembali untuk memverifikasi bahwa lampu mati kemudian kembali. 

b. Pergi ke Panel Kontrol, klik dua kali ikon Network Connections, dan pastikan bahwa koneksi area lokal didirikan. Gambar berikut menunjukkan koneksi area aktif lokal. Jika masalah konektivitas fisik yang ada, Anda akan melihat sebuah X merah di atas ikon Local Area Connection dengan kata-kata kabel Jaringan dicabut. 
c. Jika Local Area Connection tidak menunjukkan bahwa itu terhubung, memecahkan masalah dengan mengulangi Langkah 1 dan 2. Anda juga mungkin ingin meminta instruktur Anda untuk mengkonfirmasi bahwa Anda menggunakan kabel crossover Ethernet. 

Langkah 3: Konfigurasi pengaturan IP untuk dua PC 
a. Mengkonfigurasi alamat IP logis untuk dua PC sehingga mereka dapat berkomunikasi menggunakan TCP / IP. Pada PC1, buka Control Panel, klik dua kali ikon Network Connections, dan kemudian klik kanan ikon Sambungan Area Lokal tersambung. Pilih Properties dari menu pull-down. 
 b. Menggunakan scroll bar di jendela Local Area Connection Properties, gulir ke bawah untuk menyorot Internet Protocol (TCP / IP). Klik tombol Properties. 
 c. Pilih tombol Gunakan alamat IP radio berikut dan masukkan alamat IP 192.168.1.1 dan subnet mask 255.255.255.0. Dengan topeng alamat IP dan subnet, nomor jaringan host ini adalah 192.168.1.0 dan 192.168.1.1 host pertama di jaringan 192.168.1.0: 
Alamat IP 
192.168.1.1 
Subnet Mask 
255.255.255.0 
d. Klik OK, yang akan menutup Internet Protocol (TCP / IP) Properties window. Klik tombol Close untuk keluar dari jendela Area Connection Properties Lokal. 
e. Ulangi langkah 3a - 3d untuk PC2 menggunakan alamat IP 192.168.1.2 dan subnet mask 255.255.255.0. Nomor jaringan PC ini ini 192.168.1.0 dan 192.168.1.2 adalah tuan rumah kedua di jaringan 192.168.1.0. 
Alamat IP 
192.168.1.2 
Subnet Mask 
255.255.255.0 

Langkah 4: Pastikan IP konektivitas antara dua PC 
CATATAN: Untuk menguji TCP / IP konektivitas antara PC, Windows Firewall harus dinonaktifkan sementara pada kedua PC. Windows Firewall harus diaktifkan kembali setelah tes telah selesai. 
a. Pada setiap PC, pada desktop Windows XP, klik Start. Dari menu Start, pilih Control Panel, dan klik dua kali Network Connections. 
b. Klik kanan ikon Local Area Connection dan pilih Properties. Klik tab Advanced.Cari dan klik tombol Settings. 
c. Buatlah catatan tentang apakah pengaturan firewall yang ENABLED (ON) untuk port Ethernet atau CACAT (OFF) untuk port Ethernet
d. Jika pengaturan firewall diaktifkan, klik Nonaktif (tidak disarankan) tombol radio untuk menonaktifkan firewall. Pengaturan ini akan diaktifkan kembali dalam langkah selanjutnya. Klik OK di kotak dialog ini dan berikut ini untuk menerapkan pengaturan ini. Ulangi langkah 4a-4d pada PC kedua. 
e. Sekarang bahwa dua PC secara fisik terhubung dan dikonfigurasi dengan benar dengan alamat IP, kita perlu memastikan bahwa mereka berkomunikasi satu sama lain. Perintah ping adalah cara sederhana untuk menyelesaikan tugas ini. Perintah ping disertakan dengan sistem operasi Windows XP. 
f. Pada PC1, pergi ke Start, kemudian Run. Ketik cmd, kemudian klik OK. Perintah Window jendela prompt akan muncul sebagaimana ditunjukkan dalam gambar berikut. 
g. Pada ping prompt>, ketik 192.168.1.2 dan tekan Enter. Sebuah ping berhasil akan memverifikasi konektivitas IP. Harus menghasilkan hasil yang sama dengan yang ditampilkan dalam gambar yang berikut. 
h. Ulangi prosedur ini untuk PC2 tapi ping 192.168.1.1. 
i. Tutup jendela Windows command prompt pada kedua PC. 

Langkah 5: Ubah alamat IP untuk PC2 
a. Pada PC2, buka Control Panel, klik dua kali ikon Network Connections, dan kemudian klik kanan ikon Sambungan Area Lokal tersambung. Pilih Properties dari menu pull-down. 
b. Menggunakan scroll bar di jendela Local Area Connection Properties, gulir ke bawah untuk menyorot Internet Protocol (TCP / IP). Klik tombol Properties. 
c. Mengubah alamat IP logis untuk PC2 dari 192.168.1.2 ke 192.168.2.2 dan meninggalkan subnet mask set ke 255.255.255.0. Pada apa jaringan PC2 sekarang? 
192.168.2.0
d. Klik OK, yang akan menutup Internet Protocol (TCP / IP) Properties window. Klik tombol Close untuk keluar dari jendela Area Connection Properties Lokal. 
e. Merujuk kembali ke Langkah 3c. Pada apa jaringan PC1?
192.168.1.0
f. Dua PC masih di jaringan Ethernet fisik yang sama. Apakah mereka pada jaringan IP yang sama logis?
tidak
Langkah 6: Uji jaringan konektivitas antara 2 PC 
a. Pada PC1, pergi ke Start, kemudian Run. Ketik cmd, kemudian klik OK. Perintah Window jendela prompt akan muncul. 
b. Pada ping prompt>, ketik 192.168.2.2 dan tekan Enter. Apakah itu sukses?
tidak ada karena tidak satu jaringan
c. Apa jenis perangkat jaringan akan memungkinkan PC untuk berkomunikasi?jaringan akan terhubung karena satu type
Langkah 7: Ubah IP alamat untuk PC1 
a. Menggunakan prosedur yang telah dijelaskan sebelumnya, mengubah alamat IP logis untuk PC1 dari 192.168.1.1 ke 192.168.2.99 dan meninggalkan subnet mask set ke 255.255.255.0. Pada apa jaringan PC1 sekarang?_
b. Klik OK, yang akan menutup Internet Protocol (TCP / IP) Properties window. Klik tombol Close untuk keluar dari jendela Area Connection Properties Lokal. 
c. Dua PC masih di jaringan Ethernet fisik yang sama. Apakah mereka pada jaringan IP yang sama logis sekarang?
tidak
Langkah 8: Menguji koneksi jaringan antara 2 PC 
a. Pada PC2, pergi ke Start, kemudian Run. Ketik cmd, kemudian klik OK. Perintah Window jendela prompt akan muncul. 
b. Pada ping prompt>, ketik 192.168.2.99 dan tekan Enter. Apakah itu sukses? 
Mengapa atau mengapa tidak?
Langkah 9: (Opsional - Gunakan hanya jika Firewall awalnya ENABLED) Re-enable firewall 
a. Jika Anda menonaktifkan Windows Firewall pada Langkah 4, klik Start, pilih Control Panel, dan klik Network Connections. 
b. Klik kanan ikon koneksi jaringan Ethernet dan pilih Properties. Klik tab Advanced.Cari dan klik Pengaturan. 
c. Jika pengaturan firewall yang cacat (dan mereka diaktifkan sebelum lab ini mulai), klik tombol radio untuk mengaktifkan firewall. Klik OK di kotak dialog ini dan yang berikut ini untuk menerapkan pengaturan ini. 




0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto saya
hanya orang yang tau...

Pengikut

Blog Archive

Blog Archive