MD-5

Merupakan fungsi Hash yang sering digunakan untuk mengamankan suatu jaringan komputer dan internet yang sengaja dirancang untuk tujuan sebagai berikut:

1. Keamanan  : Hal ini tidak bisa dielakkan karena tidak satupun sistem algoritma yang tidak dapat bisa dipecahkan. Serangan yang sering digunakan untuk menjebol algoritma Hash adalah dengan menggunakan serangan brute force

2. Kecepatan  : Software yang digunakan mempunyai kecepatan yang tinggi karena didasarkan sekumpulan manipulasi operan 32 bit.

3. Simple  : Tanpa menggunakan struktur data yang kompleks

MD5 digunakan untuk pengkodean password pada sistem operasi. MD5 mengolah masukan yang berbentuk blok 512 bit yang dibagi dalam 16 bentuk subblok yang masing-masing berukuran 32 bit, sedangkan keluaran terdiri dari 4 blok berukuran 32 bit, dari 4 blok keluaran digabungkan menjadi 128 bit.

MD-5 adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengetahui bahwa pesan yang dikirim tidak ada perubahan sewaktu berada di jaringan. Algoritma MD-5 secara garis besar adalah mengambil pesan yang mempunyai panjang variable diubah menjadi ‘sidik jari’ atau ‘intisari pesan’ yang mempunyai panjang tetap yaitu 128 bit. ‘Sidik jari’ ini tidak dapat dibalik untuk mendapatkan pesan, dengan kata lain tidak ada orang yang dapat melihat pesan dari ‘sidik jari’ MD-5

Langkah-langkah pembuatan message digest secara garis besar:

1. Penambahan bit-bit pengganjal (padding bits).
2. Penambahan nilai panjang pesan semula.
3. Inisialisasi penyangga (buffer) MD.
4. Pengolahan pesan dalam blok berukuran 512 bit.

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto saya
hanya orang yang tau...

Pengikut